Refleksi Tentang Makna Hidup Dalam Ruang Kehidupan(Ku)

Mahasiswa
Refleksi Tentang Makna Hidup Dalam Ruang Kehidupan(Ku) 16/12/2023 189 view Lainnya diadona.id

Hidup adalah suatu anugerah yang berasal dari sang pencipta. Dalam kehidupan, manusia banyak sekali mendapatkan anugerah. Anugerah itu yang menjadikan manusia terus menjadi, dalam artian bahwa manusia terus berubah dalam kehidupannya yang ia jalankan. Menjadinya manusia dalam proses kehidupannya merupakan jembatan bagi manusia dalam menemukan makna hidupnya. Makna hidup merupakan suatu yang memberikan kekuatan bagi manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia

Berbicara tentang makna hidup berarti kita juga berbicara tentang motivasi hidup, sebab hal tersebut akan menguatkan manusia dalam perziarahan di dunia ini. Manusia yang kuat berarti manusia yang mampu menghadapi setiap situasi dan kondisi yang ada dalam dunia ini. Makna hidup merupakan nilai yang paling berharga bagi manusia dalam menguatkan dirinya dan dalam kehidupannya. Ketika manusia mampu menemukan makna hidup dalam kehidupannya, maka ia akan mendapatkan perisai atau kekuatan dalam dirinya.

Selain itu, ketika berbicara tentang makna hidup kita juga perlu mengenal seorang tokoh yang terkenal yakni Viktor Emil Frangkl. Ia adalah seorang yang pernah berada dalam kamp konsentrasi nazi. Di mana Frangkl merasakan berbagi penderitaan dan kehidupan di luar dari kehidupan normal manusia pada umumnya. Kehidupan di kamp konsentrasi banyak memberikan nilai-nilai kehidupan bagi Frangkl sendiri. Karena dari sana ia mampu menemukan makna hidup dalam dirinya. Makna hidup yang ia temukan dalam dirinya mampu menghantarnya pada suatu finalitas yang sejati, yakni kebahagiaan.

Kalau kita melihat atau mencari informasi tentang kehidupan di kamp konsentrasi itu, sulit rasanya membayangkan bagaimana manusia diperlakukan oleh para kapo yang memberikan kekerasan pada orang-orang yang berada dalam kamp tersebut. Namun dalam kehidupan di tempat tersebut Frangkl berusaha mencari kehidupan yang membuatnya bahagia dan memberikan ruang kebebasan baginya dalam menjalankan semua pekerjaan dalam kamp tersebut.

Meskipun Frangkl diperlakukan sama seperti manusia lainnya dalam kamp tersebut, tetapi ia tidak seperti yang lain di mana mereka hanya mengikuti arahan para kapo tanpa melihat kehidupan yang sedang mereka jalankan. Sedangkan Frangkl bukan melihat penderitaan itu sebagai cambukan, tetapi melihat penderitaan itu sebagai alat untuk menemukan makna hidup.

Frangkl menemukan makna hidup bukan dari kebahagiaan, tetapi dari penderitaan hidup yang ia rasakan. Penderitaan itu merupakan bagian dari kehidupannya manusia, karena tidak ada manusia yang bisa lepas atau terlepas dari penderitaan. Penderitaan itu memang menyakitkan namun jangan melihat penderitaan itu sebagai beban dan permasalahan dalam hidup. Tetapi cobalah masuk ke dalam penderitaan itu, supaya kita tahu apa yang ada di dalam setiap penderitaan itu dan dapat menemukan arti dari penderitaan itu sendiri. Begitulah yang dilakukan oleh Frangkl, ia mencoba masuk ke dalam penderitaan itu dan ia menemukan arti, serta makna dari penderitaan yang ia rasakan dalam hidupnya. Untuk itu setiap manusia diajak untuk masuk dan mengenali penderitaan itu, meskipun sakit tetapi cobalah masuk. Dan dari situlah makna hidup dapat ditemukan dalam kehidupan manusia, karena manusia harus tahu apa permasalahan dan penderitaan dalam dirinya, sehingga mampu menemukan makna hidup dalam kehidupannya yang ia jalankan.

Frangkl menemukan makna hidup berangkat dari cinta dan penderitaan, di mana ia mengalami penderitaan yang begitu mengerikan dalam kamp konsetrasi, di satu sisi ia sangat mencintai istrinya. Dari situ ia belajar bahwa hidup ini memiliki alasan. Alasan yang seperti apa? Alasan yang membuat diri bisa bertahan dalam hidup ini. Frangkl bisa bertahan dalam kamp karena memiliki alasan untuk bertemu denga sang istrinya, maka ia bisa melalui penderitaan yang mengerikan dan bisa kembali ke rumahnya. Namun ketika sampai di rumah apa yang terjadi, istrinya sudah meninggal. Namun apakah hidup harus memiliki alasan itu salah? Tentu tidak karena setelah berjalan dalam penderitaan kamp tersebut alasannya untuk hidup tidak hanya berfokus pada sang istri, tetapi akan banyak hal. Karena alasan itu yang membawanya pada pemaknaan hidup.

Hidup harus memiliki alasan merupakan suatu ungkapan yang menarik, karena dari pagi hingga malam kita selalu ditawarkan pada alasan-alasan tertentu. Pagi hari alasan kita bangun dari tidur karena kita memiliki pekerjaan, atau hal lain dan hal tersebut akan selalu ada dalam kepenuhan hari-hari kita. Untuk itu kita harus memiliki alasan yang kuat dalam menemukan makna hidup. Untuk apa makna hidup itu dalam hidupku, makna hidup yang ingin digapai harus memiliki suatu dasar yang kuat, setiap orang tentu memiliki alasan dalam menemukan makna hidup. Alasan itu yang membawa manusia pada suatu hidup yang lebih berarti lagi.

Setiap orang pasti memiliki alasan dalam hidupnya, karena hal tersebut yang membuat manusia bisa bertahan dalam perziarahan hidupnya. Namun untuk menggapai hal tersebut manusia tentunya harus bersikap lepas bebas. Sikap tersebut yang membawa manusia pada suatu pemaknaan yang lebih mendalam, karena membuat manusia bebas dalam bergerak, bebas dalam menentukan alasannya hidup. Untuk menentukan alasan manusia harus tahu mana yang membawa pada jalan kehidupan, mana yang bukan. Jangan sampai alasan itu membawa manusia pada hal-hal yang buruk. Hidup adalah alasan di sini diartikan sebagai alat untuk menemukan makna hidup bukan sebagai pelarian diri dari persoalan hidup.

Lepas bebas adalah sikap yang tidak terikat akan satu dan lain hal. Memberikan ruang yang besar bagi manusia untuk bergerak kemanapun yang ia inginkan. Lepas bebas memang memberikan ruang sebesar-besarnya bagi pergerakan manusia, tetapi jangan sampai hal tersebut membuat diri sendiri terjebak di dalamnya. Karena ketika mendengar kata lepas bebas itu yang muncul dalam diri itu adalah aku bisa saja melakukan apa saja yang ingin aku lakukan. Hal tersebut menyimpang dari kata lepas bebas, lepas bebas di sini dimaksudkan lepas bebas yang membawa diri pada kebermaknaan hidup, membawa diri pada suatu jalan yang benar caranya bebas dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan diri. Dalam artian lepas bebas itu adalah cara seseorang mencapai sesuatu itu tidak dibatasi oleh apapun, namun jangan sampai merugikan diri sendiri dan jangan sampai salah menggunakan kebebasan itu.

Makna hidup adalah sesuatu yang memberikan nilai hidup yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Ada banyak cara untuk menggapinya, diri sendirilah yang tahu bagaimana memaknai kehidupan ini, sehingga memperoleh kekuatan dan memiliki arah, serta tujuan hidup yang jelas.

Cinta dan penderitaan adalah dua bagian yang mengarah pada makna hidup, karena dua hal tersebut tidak bisa terlepas dari hidup manusia. Dua hal tersebut juga menjadi jembatan dalam menggapi makna hidup dalam kehidupan yang sedang aku jalankan. Dari makna hiduplah manusia belajar bagaimana menanggapi setiap kehidupan yang dijalankan, sehingga tahu apa yang harus dilakukan. Maka masuklah ke dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya