Undangan Menulis Opini Mingguan: Polemik Aparat Penegak Hukum Tidak Boleh Dijerat OTT

Admin The Columnist
19/11/2021 5342 view Ari Saputra-detikcom

Pernyataan anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, menuai kontroversi. Dia menilai aparat penegak hukum seperti polisi, hakim, dan jaksa, tidak layak dijerat operasi tangkap tangan (OTT) karena merupakan simbol negara. 

Arteria sendiri berpendirian bahwa OTT bukan satu-satunya instrumen penegakan hukum. Karena itu, perlu ditempuh upaya lain untuk memberantas korupsi, salah satunya dengan membangun konstruksi hukum agar lebih adil. 

Sebagian pihak menilai pernyataan tersebut bertentangan dengan semangat KPK untuk membasmi korupsi. Karena sejatinya korupsi bisa dilakukan siapa saja, termasuk juga aparat penegak hukum itu sendiri. 

Berdasarkan narasi di atas, bagaimana pendapat anda? Silahkan kirim opini anda di sini sesuai dengan ketentuan di bawah. Artikel diterima redaksi selambatnya pada hari Minggu, 21 November 2021, pukul 12.00 WIB.

Tulisan terdiri dari 600-1200 kata, tidak hoaks, menawarkan sudut pandang menarik, tidak plagiasi, dan mewakili pendapat pribadi. Satu artikel terpilih berhak ditampilkan pada artikel unggulan (halaman teratas, slide berjalan). Adapun artikel lainnya yang tidak terpilih sebagai artikel unggulan namun memenuhi standar The Columnist, akan diterbitkan pada kolom Opini Mingguan. Terakhir, keputusan Redaksi bersifat mutlak dan tak dapat diganggu gugat.