Undangan Menulis Opini Mingguan: Polemik Lembaga Pemasyarakatan Indonesia

Admin The Columnist
10/09/2021 144 view HalloRiau.com

Kebakaran Lapas Tangerang, pada tanggal 8 September 2021 yang menewaskan 44 orang menambah daftar panjang seputaran permasalahan lapas dan hukum di Indonesia. 

Sebelumnya, permasalahan-permasalahan seperti over kapasitas, buruknya fasilitas lapas, dan diskriminasi perlakuan pada tahanan terdengar nyaring menembus tembok-tembok penjara namun belum terlihat titik terang solusinya. 

Berdasarkan narasi di atas, bagaimana pendapat Anda? Apa yang menyebabkan permasalahan lapas di Indonesia berulang kali terjadi? Solusi apakah yang perlu ditempuh untuk mengurai permasalahan tersebut? Silahkan kirim opini anda di sini sesuai dengan ketentuan di bawah. Artikel diterima redaksi selambatnya pada hari Minggu, 12 September 2021, pukul 12.00 WIB.

Tulisan terdiri dari 600-1200 kata, tidak hoaks, menawarkan sudut pandang menarik, tidak plagiasi, dan mewakili pendapat pribadi. Satu artikel terpilih berhak ditampilkan pada artikel unggulan (halaman teratas, slide berjalan). Adapun artikel lainnya yang tidak terpilih sebagai artikel unggulan namun memenuhi standar The Columnist, akan diterbitkan pada kolom Opini Mingguan. Terakhir, keputusan Redaksi bersifat mutlak dan tak dapat diganggu gugat.