Undangan Menulis Opini Mingguan: Lockdown, Perlu atau Tidak?

Admin The Columnist
20/03/2020 247 view Ingram Pinn, Financial Times.com

Sejak diumumkan awal Maret lalu, jumlah pasien positif Virus Corona di Indonesia terus meningkat tajam. Ditengah himbauan untuk tenang, tak sedikit masyarakat yang menjadi resah dengan situasi dari hari ke hari. 

Muncul desakan kepada pemerintah untuk melakukan lockdown segera mungkin, sebelum situasi menjadi bertambah buruk sebagaimana China, Itali, dan Korea Selatan. 

Sebagian lainnya tidak bersepakat dengan usulan tersebut, dan berpendapat bahwa lockdown membawa dampak yang tidak menguntungkan terutama ekonomi dan mengusulkan mencari alternatif solusi lainnya.

Berangkat dari perdebatan di atas, bagaimana pendapat mu? Perlukah pemerintah memberlakukan lockdown ditengah situasi pandemi virus corona ini? 

Silahkan kirim opini anda (di sini) sesuai dengan ketentuan di bawah. Artikel diterima redaksi selambatnya pada hari Minggu, 22 Maret 2020, pukul 07.00 WIB.

Tulisan terdiri dari 600-1200 kata, tidak hoax, menawarkan sudut pandang menarik, tidak plagiasi, dan mewakili pendapat pribadi. Dua artikel terpilih berhak ditampilkan pada artikel unggulan dan menerima honorarium sebesar Rp. 200.000,-. Dua artikel tersebut menjadi bahan utama diskusi pada halaman Public Discourse, setelah dilengkapi oleh opini lain. Adapun artikel lainnya yang tidak terpilih namun memenuhi standar The Columnist, akan tetap diterbitkan. Terakhir, keputusan Redaksi bersifat mutlak dan tak dapat diganggu gugat.