Seputar Tes CASN dan Masa Depannya

PNS BKKBN
Seputar Tes CASN dan Masa Depannya 08/09/2021 35 view Lainnya suara.com

Hari jumat lalu, sehabis salat Jumat, saya bertemu dengan seorang sahabat yang kebetulan tahun ini akan mengikuti tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang kemungkinan minggu ini dimulai, akan segera dilaksanakan.

Dia pun mengajak saya untuk berbincang seputaran tes CASN tersebut. Beberapa pertanyaannya yang muncul dalam dialog kami antara lain, “Bagaimana trik agar bisa lulus dalam tes CASN?”, “Seperti apa soal dalam tes CASN tersebut?”, hingga rencana dia untuk meminjam buku-buku tes CASN yang masih saya miliki.

Jika hanya itu pertanyaan-pertanyaan yang dia lontarkan barang kali tidak terlalu menjadi soal buat saya. Insya Allah saya akan menjawab sebatas kemampuan saya. Namun, yang membuat saya sedikit terkejut adalah pertanyaan dia yang lainnya yaitu “Punya gak, channel atau orang yang dapat memasukkan saya menjadi CASN? Berapa pun nanti kami upayakan!”. Untuk pertanyaan ini saya agak sedikit geleng-geleng kepala.

Memang, tidak bisa saya pungkiri berita atapun isu miring mengenai penerimaan CASN dari tahun ke tahun selalu ada. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa untuk diterima menjadi CASN di negeri ini, harus punya orang dalam, koneksi, lewat pintu belakang, atau pun juga membayar pada calo yang sering menawarkan jasa dengan anggaran yang mencapai puluhan juta.

Namun, barang kali cerita seperti itu adalah cerita masa lalu. Sebab, hari-hari ini pemerintah atau stakeholder terkait menyelenggarakan tes CASN dengan mengedepankan transparansi. Artinya, semua bisa diikuti dan diketahui oleh para peserta tes CASN dan diumumkan secara terbuka. Bahkan dari awal pengiriman berkas lamaran.

Ada juga cerita dari kawan lain yang tahun ini juga mengikuti tes seleksi CASN. Dia melamar pada sebuah instansi pemerintah daerah dan kemudian dinyatakan tidak lulus secara administrasi karena dianggap administrasi kurang lengkap. Padahal, sesungguhnya setelah dicek kembali secara detail, administrasi sesungguhnya sudah lengkap.

Kawan tersebut kemudian menggunakan hak sanggah yang disediakan oleh panitia penerima CASN dan alhasil dinyatakan lengkap administrasi dan bisa lanjut ke tahap berikutnya. Ini membuktikan bahwa perekrutan CASN pada tahun-tahun ini telah menggunakan prinsip-prinsip transparansi sedari awal mula perekrutan.

Hal lainnya yang dapat mendukung pelaksana ujian tes CASN telah mengepankan prinsip-prinsip yang mengedepankan transparansi adalah, bahwa tes CASN tahun ini juga dilaksanakan seperti tahun lalu yaitu dengan menggunakan metode sistem Computer Assisted Test (CAT). Di mana dengan metode ini, peserta dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh, lebih bersifat objektif, dan peserta juga dapat langsung mengetahui capaian nilai yang dia peroleh begitu ujian selesai.

Kecepatan dalam proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian tentunya akan lebih meminimalisasi kecurangan seperti terjadinya nepotisme, suap, kolusi dalam perekrutan CASN. Hal ini juga akan membentuk sebuah proses perekrutan CASN yang transparan, objektif, akuntabel, dan bebas dari korupsi.

Dalam rangka lebih meyakinkan lagi kepada masyarakat bahwa perekrutan CASN sudah mengedepankan transparansi, pemerintah juga menjaga nilai akuntabilitas terhadap pelaksanaan tes CASN ini. Akuntabilitas ini salah satunya diwujudkan dengan layanan siaran langsung skor nilai bagi peserta yang sudah melakukan serangkaian tes CASN tersebut.

Selain hasil tes SKD yang akan terpampang di channel Youtube BKN atau instansi terkait, hasil tes TWK juga akan dimunculkan. Sehingga, kemampuan para peserta seleksi menjadi abdi negara tersebut akan terpampang jelas dan dapat dilihat oleh publik.

Dengan semakin transparannya proses perekrutan CASN, kita berharap akan diperoleh insan-insan abdi negara di negeri ini yang benar-benar handal dari sisi kemampuan, baik kemampuan intelektual, emosional, dan juga spiritual yang memiliki moral dan etika menjadi abdi negara yang baik, lurus dan benar. Dengan terpilihnya putra-putri terbaik bangsa yang lolos tes CASN tahun ini, mudah-mudahan hal ini bisa memajukan negeri ini karena kinerja yang ditunjukkan adalah kinerja terbaik dari hasil proses seleksi yang baik juga.

Untuk itu, kepada sahabat, teman, tetangga yang tahun ini mengikuti tes CASN, maka pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Berlombalah dengan jujur dan percaya diri. Bagi yang diterima bersyukurlah sebab Anda diberi kesempatan untuk menjadi calon abdi negara yang melayani rakyat. Bagi yang belum diterima berjuanglah, sebab mengabdi untuk rakyat dan masyarakat bukan hanya sekedar menjadi Aparatur Sipil Negara. Selamat berlomba, semoga Anda semua menjadi pemenang.

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya