Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

-
Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar 07/05/2024 51 view Pendidikan kompasiana.com

Salah satu contoh konkrit perkembangan peradaban manusia ialah berkembang pesatnya teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat mumpuni. SDM yang mumpuni tidaklah lahir dengan begitu saja, tanpa adanya bantuan dan dorongan orang lain. Pendidikan salah satu instrumen untuk meningkatkan SDM sebuah peradaban.

Chaerul Anwar menjelaskan bahwa pendidikan merupakan jalur untuk meningkatkan sumber daya manusia yang menekankan pada kualitas dasar seperti keimanan, kepribadian, kecerdasan dan kreatifitas (Chaerul Anwar, 2019). Pada kehidupan saat ini, SDM bisa melampaui zaman yang telah ada dengan memanfaatkan penggunaan teknologi sebagai alat penunjang keberhasilan dunia pendidikan.

Pendidikan adalah lokomotif peningkatan SDM, sehingga institusi pendidikan haruslah mempersiapkan tenaga pendidik yang mampu bereksplorasi dengan berbagai aspek dalam mendidik seorang siswa. Dahulu kita bisa melihat bagaimana para guru kesulitan mendapatkan akses pembelajaran dan metode dalam mengajar.

Itulah sebabnya, pemanfaatan teknologi perlu dilakukan sebagai bagian dari instrumen perbaikan kualitas pendidikan. Nadim Anwar Makarim melalui Kemendikbudristek menyampaikan siaran pers pada tanggal 27 Maret 2024 menyatakan bahwa untuk membantu guru, Kemendikbudristek meluncurkan Platform Merdeka Mengajar menyediakan berbagai perangkat ajar, mencakup buku teks, buku bacaan, contoh kurikulum sekolah, contoh modul, dan instrumen asesmen kelas yang terus diperbarui secara berkala (Siaran Pers Kemendikbudristek).

Platform merdeka mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Tujuan dari platform merdeka mengajar ialah untuk menunjang implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar, sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan merata bagi masyarakat Indonesia. Program ini mencoba untuk mengatasi disparitas dalam akses pendidikan dengan menyediakan platform pembelajaran online yang mudah diakses oleh siapa pun, terlepas dari latar belakang atau kondisi ekonomi mereka. Melalui platform ini, siswa dapat mengakses berbagai materi pelajaran, kursus, dan sumber belajar lainnya secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau.

Penyediaan berbagai materi dan referensi penunjang guru dalam mengajar, akan sangat membantu percepatan pertumbuhan dan kualitas pendidikan Indonesia. Selain itu, siswa dapat menggunakan fitur-fitur di dalamnya untuk belajar secara mandiri.

Menurut Nadim Anwar Makarim Platform Merdeka Mengajar dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi dan melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Namun, materi yang tersedia dalam platform tetap relevan untuk digunakan oleh guru yang menggunakan kurikulum lainnya.

Platform Merdeka Mengajar dapat meningkatkan kompetensi guru, membawa harapan bahwa inisiatif ini dapat menjadi salah satu solusi dalam memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal dalam hal akses dan kualitas pendidikan.

Keberadaan platform merdeka mengajar bisa dikatakan sebagai angin segar pendidikan saat ini. Penanganan yang serius dari kemedikbudristek telah melahirkan banyak upaya dalam perbaikan pendidikan Indonesia. Perbaikan ini searah dengan tujuan pendidikan nasional yang mengingikan peserta didik atau siswa untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia serta menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila (Kemendikbudristek).

Guru juga dapat memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam mendesain pembelajaran online, memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka secara keseluruhan.

Perbaikan kualitas pendidikan ini tercermin pada platform merdeka mengajar yang terdiri dari tiga bagian penting. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Kemendikbudristek pada episode 15 platform merdeka mengajar ada tiga jenis yang bisa dilakukan guru dengan platform tersebut, yaitu mengajar, belajar dan berkarya.

Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam hal peningkatan kualitas Pendidikan. Guru sebagai kunci utama dalam pendidikan selain melakukan pengajaran, maka bisa sambil belajar meningkatkan kualitas dirinya dan dapat mendorong guru untuk tetap berkarya. Secara mendasar, saya sepakat jika pendidikan kita saat ini diarahkan untuk fokus kepada peningkatan kualitas manusianya.

salah satu aspek penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan ialah dengan aspek penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Aspek ini Mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan guru untuk mempersiapkan mereka terhadap tuntutan dunia digital. Teknologi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, menarik, dan terjangkau.

Oleh sebab itu, kehadiran platform merdeka mengajar dengan menyediakan beragam materi mengajar yang dapat diterapkan langsung di kelas, serta beragam materi pelatihan yang bisa menunjang guru dalam berkarya dan meningkatkan kompetensi.

Dengan adanya akses yang lebih luas terhadap materi pelajaran dan sumber daya pendidikan, diharapkan bahwa lebih banyak individu dapat mengembangkan potensi mereka dan mencapai kesuksesan dalam pendidikan dan karir mereka.

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya