Pendaftaran Kelas Menulis Beginner #Batch17 Telah Dibuka!

Admin The Columnist
Pendaftaran Kelas Menulis Beginner #Batch17 Telah Dibuka! 19/11/2021 553 view Kelas Menulis

Halo sahabat The Columnist…

Pendaftaran Kelas Menulis Beginner #Batch17 sudah resmi dibuka nih. Buat kamu yang ingin belajar menulis esai dan opini, boleh banget gabung di kelas ini karena desain kurikulumnya sangat sesuai dengan kebutuhan kalian. Di antara materi yang akan kalian dapatkan di Kelas Menulis Beginner adalah:

 

  1. Manajemen Dampak Tulisan. Materi ini berguna untuk menghindari dampak buruk setelah tulisan kamu diterbitkan. Jangan sampai berurusan dengan hukum, dirundung, atau hal buruk lainnya.
  2. Eksplorasi Ide & Framing Tulisan. Di sini kamu akan diajari bagaimana cara memilih topik tulisan yang eye catching, yang membuat redaktur media jatuh hati dan memilih untuk menaikkan tulisanmu. Juga, supaya sudut pandang tulisanmu tajam menyasar inti persoalan.
  3. Teknik Pengembangan Gagasan. Nah, kamu akan diajari membuat tulisan yang argumentatif. Karena hanya tulisan yang argumentatiflah yang membuat tulisanmu diperbincangkan publik di media sosial.
  4. Teknik Penulisan Opini dan Esai. Di sini kamu akan diajari membuat tulisan yang mengalir, zero error. Jawaban dari pertanyaan, "bagaimana sih cara membuat tulisan yang sekali baca semua orang paham?", itu diajarkan di pertemuan ini.

 

Materi-materi tersebut akan disampaikan oleh mentor-mentor berpengalaman yang telah menulis di berbagai media prestisius, baik cetak maupun digital. Di antara mentor yang akan mengajar dan membimbing peserta di kelas ini adalah:

Yuli Isnadi (Iyeng). Dia adalah dosen Fisipol UGM. Menyelesaikan pendidikan sarjananya di UGM dan pernah kuliah di University Paris est Marne La Valle (Prancis). Saat ini dia sedang menyelesaikan doktoralnya di National Cheng Kung University (Taiwan). Tulisannya telah dimuat di berbagai media mainstream seperti Tempo, Republika, Detik, dan The Columnist. Opini terakhir yang dimuat oleh media selain The Columnist adalah yang berjudul Usaha Membasmi Pinjol Ilegal (detikcom, 21/10/21). Sedangkan esai, ia mengasuh kolom sendiri di The Columnist, yaitu Iktirad Iyeng (dapat dilihat di sini). Karena tulisan-tulisan yang tajam dan berani, ia kerap menjadi sasaran perundungan dan akun media sosial miliknya menjadi korban pembajakan.

Supriyadi (Supri), adalah seorang ASN di BKKBN Provinsi Riau. Memperoleh gelar sarjananya dari UNY dan gelar magisternya dari UGM. Salah satu ASN yang sangat produktif menulis karena telah menghasilkan lebih dari 130 tulisan yang diterbitkan di berbagai media, baik lokal maupun nasional. Belum lama ini dia menerbitkan buku Saatnya ASN Menulis yang mengulas cara menemukan ide menulis berdasarkan tupoksi ASN. Tulisan-tulisannya banyak membahas problematika remaja, kesehatan reproduksi, hingga isu-isu terkait ASN. Tidak jarang pengalaman sehari-harinya pun dijadikan bahan tulisan yang mengandung pesan yang berbobot. Kumpulan tulisannya di The Columnist dapat dilihat di sini.

Asmarawati Handoyo (Asti), alumnus UGM dan sedang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di National Cheng Kung University (Taiwan). Ibu dari dua orang putri ini adalah aktivis gerakan sosial yang tertarik dengan isu-isu ekonomi politik, pembangunan, lingkungan, dan internet politics. Walaupun disibukkan dengan urusan domestik dan pendidikannya, tapi sebagai pemimpin redaksi The Columnist Asti tidak pernah ketinggalan mengikuti isu-isu terkini. Berbagai isu yang hilir mudik menghiasi tanah air diramunya untuk dijadikan tema Opini Mingguan. 

Fajar Ruddin (Fajar). Penulis yang concern dengan isu-isu kesehatan mental ini adalah alumnus Psikologi UGM. Selain itu, dia juga pernah kuliah di University of Groningen (Belanda) dan saat ini sedang menimba ilmu di King Saud University (Arab Saudi). Tulisannya telah dimuat di media cetak dan digital seperti Kompas, Detik, dan The Columnist.

Selain memberikan teori kepenulisan esai dan opini, mentor-mentor di atas juga akan membimbing kalian dalam praktek menulis dengan memberikan tugas di tiap pertemuannya. Tugas tersebut akan dievaluasi dan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Sehingga di akhir Kelas Menulis, peserta diproyeksikan memiliki satu tulisan opini/esai hasil karyanya.

Kelas Menulis #Batch17 akan dilaksanakan secara intensif setiap hari Minggu jam 19.30 – 21.00 WIB, mulai tanggal 2-23 Januari 2022. Kelas akan akan dilaksanakan melalui Zoom (live), dengan kuota maksimal 20 peserta.

Sejauh ini, kami sudah berpengalaman membersamai lebih dari 400 peserta dengan berbagai macam latar belakang, mulai dari ASN, mahasiswa, aktivis, IRT, guru, dll. Tulisan para alumni juga sudah menembus berbagai macam media seperti Republika, Sindo, Detik, Kumparan, Geotimes, The Columnist, dll.

Untuk menunjuang kebutuhan Anda, kami juga menyiapkan e-sertifikat bagi Anda yang menyelesaikan Kelas Menulis dan tentunya pdf materi-materi yang diajarkan.

Lalu, siapa yang bisa mendaftar Kelas Menulis The Columnist ini?

Kelas Menulis #Batch17 terbuka untuk umum. Jadi setiap orang yang tertarik untuk mempelajari penulisan esai dan opini boleh mendaftar. Baik dari kalangan ASN, aktivis, mahasiswa, swasta, aktivis, dan lainnya. 

Dengan fasilitas super komplit seperti di atas, berapa biaya yang harus anda investasikan untuk mengikuti Kelas Menulis ini?

Biaya pendaftaran Kelas Menulis #Batch17 adalah Rp 200.000/peserta.

Buruan daftar Kelas Menulis dan jadilah penulis yang menggugah!

Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi WA : 0822-1404-8973 atau dengan meng-klik link ini. 

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya