Mencermati Kebijakan Pendidikan di Indonesia

Pegawai Swasta
Mencermati Kebijakan Pendidikan di Indonesia 17/07/2022 68 view Pendidikan ilustrasi oleh kemendikbudkbudristek

Kebijakan menjadi salah satu gambaran sejauh mana keseriusan pemerintah dalam mengatasi dan menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Negara. Dalam hal ini, kebijakan yang dilakukan adalah sudut pandang dan interpretasi suatu lembaga pemerintah, dalam mewujudkan tujuan penyelenggaran negara itu sendiri. Kebijakan bisa menjadi sangat strategis dan berdampak hasilnya apabila dilakukan dengan kajian mendalam atas kebutuhan negara dan bangsa serta diiringi dengan pelaksanaannya yang tepat sasaran.

Kebijakan yang berkualitas, secara sederhana bertujuan untuk menyelesaikan persoalan yang ada secara tuntas dan efisien. Bukan malah sebaliknya, kebijakan yang diambil justru menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Maka dari itu, kebijakan publik, khususnya lembaga negara harus menjadi solusi atas permasalahan yang hadir di tengah kehidupan masyarakat. Kebijakan publik juga menjadi salah satu pilar pembangunan berskala nasional dalam upaya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Di lain sisi, berlaku juga sebaliknya, apabila kebijakan yang diambil justru tidak disesuaikan dengan relevansi di lapangan, dilangsungkan dengan minimnya paritisipasi publik maupun unsur lainnya. Sebaik apapun kebijakan yang dilakukan hanya akan menjadi komponen yang kurang memberi manfaat. Keikutsertaan kebijakan dalam memecah atau menyelesaiakan segala problematika yang ada hanya akan bersifat semu dan hambar. 

Kebijakan yang mampu menjadi alat ukur yang fleksibel, suatu lembaga pemerintah misalnya, selalu terikat dengan penilaian publik dalam segala kebijakan yang diambil. Penilaian publik atas kebijakan yang diambil lembaga pemerintah ini pula yang menjadi indikasi suatu terobosan kebijakan mampu kompatibel terhadap realitas kehidupan sosial kita dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam mekanisme penilaian publik semacam ini, survei menjadi salah satu metode yang mampu dilakukan. Melalui survei ini, pelaksanaan kebijakan lembaga tertentu mampu dilihat tingkat efektivitasnya. Melalui survei ini juga, kepuasan publik atas dilangsungkannya kebijakan lembaga pemerintah mampu dijabarkan dan menjadi bahan evaluasi baik internal maupun eksternal lembaga pemerintah tersebut.

Kebijakan Kemendikbudristek 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau biasa yang dikenal dengan Kemendikbudristek pun mengalami hal demikian. Sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas jalannya penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Kemendikbudristek selalu menemui terobosan barunya sebagai upaya merevitalisasi penyelenggaran pendidikan di Indonesia.

Apalagi, dengan kenyataan dimana pandemi yang lebih dari dua tahun ini menggebu-gebu ganasnya, yang mengubah berbagai sisi dan gaya hidup kita semuanya. Kemendikbudristek sebagai lembaga pemeritah tak pernah berhenti memberikan konsep kebijakan yang disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan di Indonesia.

Konsep merdeka belajar sebagai suatu kebijakan dan program yang dijalankan oleh kemendikbudristek menjadi hal yang sangat menonjol di lapangan. Merdeka Belajar dengan segala geliat terobosan barunya secara umum mampu mengubah berbagai paradigma dan landasan aktivitas penyelenggaraan pendidikan kita. Merdeka belajar yang dicanangkan mendikbudristek memberi kesempatan dan harapan lebih bagi setiap satuan pendidikan dalam memberikan implementasi pendidikan yang memberikan hasil yang optimal.

Meredeka belajar yang terdiri dari rangkaian episode kebijakan yang dilakukan secara berkala oleh kemendikbusristek di bawah naungan Menteri Nadiem Anwar Makarim memberi publik gambaran utuh bagaimana keseriusan lembaga pemerintah ini dalam menyelenggarakan pendidikan yang lebih baik lagi. Berbagai terobosan dan hal baru ditampilkan guna menjadikan wajah pendidikan kita lebih segar dan sumber daya yang dihasilkan pun memiliki kapasitas daya saing yang mumpuni.

Publik Bicara tentang Kebijakan yang Ada

Biacara soal kebijakan yang dilakukan oleh kemendikbusristek, lembaga survei indikator mengeluarkan hasil temuannya, dimana angka lebih dari 75 persen warga menyatakan puas atas kebijakan yang dilakukan oleh kemndikbusritek ini. Lebih rinci temuan yang diambil dari wawancara kepada 1.520 responden yang terdiri dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia pada awal bulan April lalu ini boleh jadi menjadi kabar yang menggembirakan tentang pendidikan kita di Indonesia. 

Konsentrasi kemendikbusristek dalam upayanya mengoptimalsasikan peran lembaga pemerintah lebih lanjut dalam survei yang dirilis juga menunjukan trend angka yang sangat positif. Angka penyaluran bantuan untuk pelaku budaya 66,1 persen, guru penggerak 65,4 persen, matching fund vokasi 64,9 persen, Sekolah Penggerak 64,7 persen, dan platform Merdeka Mengajar 63,9 menunjukan implementasi program merdeka belajar setiap episodenya yang semakin meluas dan merata. 

Melihat realitas yang ada, kebijakan merdeka belajar sebagai suatu program kerja secara garis besar dirasa mampu memberikan manfaat secara langsung, program seperti KIP Kuliah, bantuan bos yang diubah besarannya menyesuaikan satuan pendidikan, Platfrom Merdeka Mengajar, perluasan Beasiswa, requitmen PPPK guru, serta program sekolah vokasi dan dana abadi perguruan tinggi menjadi gambaran program unggulan yang menujukan konsistensi kemendibudristek dalam menajalankan tugasnya.

Berbagai pembaharuan mekanisme penyaluran dana bantuan, pemanfaatan media teknologi, hingga dimunculknannya konsepsi portofolio pelajar Pancasila menjadi segelintir ringkasan merdeka belajar yang menjadi produk unggulan dari kemendikburistek ini. Di lapangan mungkin dirasa belum sepenuhnya mampu diterapkan secara merata, namun wacana yang ada dan terlaksana sudah dapat dikatakan sangat strategis. Selain itu, mesti ada kekurangan, upaya evaluasi dan masukan dari berbagai stakeholder lainnya pun menjadi hal yang tak bisa juga dilepaskan demi kebangkitan pendidikan kita.

Penilaian publik bukan menjadi final, kemendikbudristek masih terus harus berjalan secara berkelanjutan. Program yang ada pun harus dikawal implementasinya agar berjalan secara komprehensif. Bantuan serta peran berbagai pihak dalam suksesi penyelenggaraan pendidikan kita merupakan paduan kerja sama yang harus berjalan beriringan. Kritik dan saran pun perlu dijadikan masukan yang ditindaklanjuti agar kebijakan yang ada mampu tetap startegis.

Semoga langkah yang dilakukan kemendikbudristek menjadi jalan keterbaikan pendidikan kita.

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya