Konsep Lepas Bebas Di Era Digital

Mahasiswa
Konsep Lepas Bebas Di Era Digital 14/11/2022 593 view Lainnya kibrispdr.org

Perkembangan teknologi yang semakin maju di zaman sekarang membuat manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman ini.

Perkembangan teknologi ini menjadi sarana bagi manusia untuk bebas mencari informasi yang mereka perlukan, sehingga mereka tidak perlu lagi susah-susah mencari apa yang mereka inginkan. Sebab semua informasi yang diperlukan oleh manusia telah bertebaran di dunia teknologi atau google. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan bagi manusia dalam hidupnya. Mereka yang tadinya kebingungan dalam mencari informasi telah dipermudah dengan hadirnya teknologi di zaman sekarang.

Selain kemudahan yang didapatkan dari teknologi ini manusia juga merasa bahwa hadirnya teknologi juga telah menjadi teman dalam perjalanan hidupnya, sebab apa saja ada di dalam teknologi. Hal ini juga yang membuat manusia mudah sekali terikat akan dunia digital, artinya sulit melepaskan teknologi yang menjadi penghias di era digital ini. Maka dalam hal ini ada sebuah keterikatan antara manusia dengan teknologi.

Di era digital sekarang banyak orang sulit melepaskan atau meninggalkan teknologi yang ada di genggaman mereka, salah satunya gadget. Gadget adalah teknologi yang sangat banyak digunakan oleh manusia di zaman sekarang, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu gadget. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang begitu pesat. Namun yang menjadi persoalannya adalah manusia sulit untuk melepaskan hal ini sejenak. Mereka telah terpengaruh dengan dunia teknologi yang selalu memberikan hal-hal baru, sehingga untuk melupakannya sejenak saja mereka merasa sudah ketinggalan informasi yang aktual pada hari yang bersangkutan.

Melepaskan dunia digital sejenak sebenarnya dapat memberikan hal positif bagi diri sendiri, namun hal seperti ini tidak mudah dilakukan begitu saja. Tetapi ada orang yang mampu mengatasi hal tersebut dalam hidupnya, ia berusaha meninggalkan atau bahkan tidak menggunakan gadget untuk sementara waktu. Dengan demikian dalam penggunaan gadget ini tergantung pada setiap individu, apakah ia tidak mau ketinggalan informasi atau merasa gengsi.

Dalam hal ini setiap individu harus memiliki sikap lepas bebas, sehingga mereka merasa tidak ada keterkaitan antara satu dengan yang lain. Artinya ketika mereka meninggalkan gadget untuk sementara waktu, mereka tidak merasa ada keanehan dalam dirinya.

Keterikatan dengan gadget dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi diri sendiri, misalnya menjadi pribadi yang individualis, emosional, dan mudah termakan oleh hoax.

Keunggulan gadget ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun seseorang berada, sehingga manusia dapat berselancar untuk mencari apa saja yang mereka inginkan dengan cepat. Penggunaan gadget memang sangat membantu dalam perkembangan zaman sekarang, tetapi jangan sampai hal tersebut mengikat diri dalam ruang dan waktu.

Konsep lepas bebas adalah sebuah konsep yang memberikan kebebasan bagi setiap individu di era digital sekarang. Konsep ini sesungguhnya dapat memberikan ruang yang luas bagi kehidupan di era sekarang. Konsep lepas bebas sendiri adalah bebas yang tidak terikat akan satu dengan yang lain. Misalnya ketika seseorang meninggalkan gadget sejenak, ia tidak merasa ada sebuah keanehan dengan dirinya, tetapi ia tetap bersikap biasa saja, sehingga aktivitas yang ia lakukan dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan dan rintangan. Dengan memiliki sikap lepas bebas ini seseorang dapat bergerak dengan lebih leluasa dalam hidupnya, sehingga tidak ada ikatan dengan yang lain, sebab setiap orang menginginkan ruang yang luas dalam berselancar di era digital, sehingga dengan sebuah kebebasan orang merasa lebih bahagia dalam menggunakan teknologi.

Konsep kebebasan yang dimaksudkan di sini adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Artinya para pengguna teknologi di zaman sekarang harus mampu bertindak dengan kesadaran bahwa saya hanyalah pengguna. Kebebasan dalam era digital juga dapat memberikan sebuah terobosan baru dalam hidup. Artinya bahwa kebebasan di sini dapat menampilkan apa yang diri suka, tanpa ada rasa keterikatan dengan satu dan lain hal. Keterikan dalam menggunakan gadget merupakan hal yang tidak baik bagi manusia, sebab hal tersebut akan menyulitkan aktivitas yang lain. Maka konsep kebebasan di sini berusaha membantu para pengguna gadget untuk lebih bertanggung jawab dalam berselancar di era digital.

Maka dengan adanya sebuah konsep lepas bebas ini manusia diajak untuk bijak menggunakan teknologi di era digital saat ini. Selain itu kebebasan dalam hal ini jangan disalahgunakan atau dipahami dengan sebelah mata saja. Tetapi cerna hal ini dengan baik, agar kehidupan ini tidak ada keterikatan dengan teknologi. Dengan demikian konsep lepas bebas di sini berarti bebas yang bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi di era digital.

Jika anda memiliki tulisan opini atau esai, silahkan dikirim melalui mekanisme di sini. Jika memenuhi standar The Columnist, kami dengan senang hati akan menerbitkannya untuk bertemu dengan para pembaca setia The Columnist.
Artikel Lainnya